Keunikan Anak Berkekuatan "Insting"

Sunday, March 27, 2016


Sekian lama dan banyak melakukan test Stifin akhirnya saya menemukan orang/anak yang bermesin kecerdasan Insting. Sebelum-sebelumnya sudah banyak saya menemukan orang/anak bermesin kecerdasan Sensing, Thinking, Intuiting dan Felling.
Mohon Maaf saya harus menutupi Namanya di Sertifikat (karena belum ijin untuk dipublish)

Karena dalam Stifin, setiap mesin kecerdasaan memiliki keunikannya masing-masing, maka begitupula Insting, memiliki keunikan serta kelebihan dan kekurangan. Insting memiliki Sistem operasi otak pada Belahan Otak Tengah, sehingga memiliki keseimbangan antara otak kanan dan kirinya.

Kecerdasan Insting merujuk kepada naluri sebagai indera ketujuh yang dilengkapi dengan kemampuan serba-bisa.  Kecerdasan tersebut dikemudikan secara otomatis sehingga membuatnya responsif, mudah beradaptasi, dan banyak kawan.

Kepribadian ini jenis calon spiritualis yang hebat.  Otak reptilia yang dimilikinya membuat mereka seperti galak dan temperamental.  Namun Tuhan memasukkan otak spiritual ke golongan ini. Kondisi keseharian meraka berada diantara rentang kebinatangan dan kespiritualan yang tinggi. Setiap hari selalu terjadi tarik menarik. Mereka memiliki naluri yang tajam, pandai meramal dan kemampuan spekulasinya tinggi. Hal yang mengganggu ketajaman nalurinya adalah karena mereka peragu dan tidak punya prinsip.  Mudah didikte oleh pengaruh luar yang kuat. Isi kepalanya yang lengkap telah mencetak mereka menjadi seorang generalis. 

Setelah hasil test ada dan waktunya penjelasan hasil test, maka ini menjadi waktu penting bagi  saya untuk mengetahui apakah hasil test ini valid dengan kehidupan, kebiasannya sehari-hari. Dari hasil penjelasan, dari setiap kalimat yang saya sampaikan sang Ibu banyak tersenyum dan tertawa tanda mengiyakan hasil yang saya sampaikan. Beberapa hal yang menurut sang ibu sangat kentara jelas adalah sebagai berikut :
  1.  Orangnya spontan, reaktif dan pragmatis (jangka pendek)
  2. Pola belajar deduktif (Ketahui dulu kesimpulannya baru kemudian diteruskan pada rincian / Khusus ke Umum).  Maka pada setiap buku yang ia baca ia selalu merangkai dulu mencari kesimpulannya baru kemudian diuraikan detailnya. Kata sang Ibu “bukunya banyak yang digaris-garis dengan stobelo” sebagai tanda bahwa bagian itu penting.
  3.  Orangnya sangat penolong, sangat Dermawan, ia merasa sedih jika tidak bisa menolong orang lain yang memerlukannya. Tabiatnya terhadap uang adalah selalu ingin menolong orang. Akibat- nya uang habis bukan untuk diri sendiri melainkan untuk menolong orang lain.

Faktor serba bisa dan daya adaptasi fisik dan adaptasi kecerdasan yang tinggi menyebabkan panggilan jiwa dari tipe In selalu ingin ber- peran sebagai mitra (partner) bagi tipe lainnya. Meskipun harus menjadi orang nomer dua dalam kemitraan tersebut ia tidak terlalu memper- masalahkan yang penting ia dapat menjadi mitra bagi tipe lainnya di level yang lebih baik. Hal seperti ini tidak akan terjadi pada tipe ke- pribadian yang lain. Karena mereka selalu ingin menjadi nomor satu dalam kemitraan tersebut.
Jika ia bisa bekerja secara tenang dan damai maka salah satu ke- mampuan dia yang lain akan perform, yaitu memiliki mata ketiga dalam melihat terhadap setiap peristiwa. Hasil pengamatan mata ketiga tersebut adalah ia dapat melihat hikmah yang tersembunyi di balik setiap ke- jadian, atau dapat memaknai secara spiritual terhadap setiap kejadian, atau mendapatkan informasi penting dari indera ketujuh (naluri)-nya.

Harapan terbesarnya yaitu ia selalu memberikan kontribusi pada lingkungan sosialnya. Ia merasa hampa jika merasa tidak menolong atau berkontribusi terhadap lingkungannya. Hal yang paling menyakit- kan baginya adalah ketika ia ditolak oleh lingkungannya. Kemampuan adaptasinyalah yang membawanya untuk berkontribusi lebih banyak kepada lingkungannya. 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mumtaz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger