A. INDOOR TRAINING:
- Ceramah dan Diskusi , yaitu penyampaian materi di dalam ruangan (in door) dengan cara ceramah dan diskusi antar peserta
- Simulasi dan Praktek, yaitu peserta diajak melakukan praktek langsung terhadap materi yang disampaikan dalam bentuk permainan (game) atau simulasi materi untuk memberikan internalisasi terhadap materi yang disampaikan.
- Experiential Learning, yaitu setiap peserta dilibatkan secara aktif dalam melakukan penggalian pengalaman melalui permainan yang dilakukannya sendiri dan atau melalui belajar dari pengalaman orang lain.
- Quesener Test, yaitu penggalian potensi dan informasi pengembangan diri melalui berbagai macam jenis pertanyaan tertulis.
- Quantum Learning, yaitu penyampian materi dengan menggabungkan dua kemampuan potensi otak melalui suasana yang santai dan menyenangkan, seperti penggunaan musik, film selama penyampaian materi.
B. OUTDOOR TRAINING:
1. Briefing, yaitu
penyampaian materi awal sebagai pembuka untuk mnjelaskan fungsi dan instruksi
kegiatan yang akan dilakukan.
2. Experiential Learning, yaitu
penyampaian materi di alam terbuka dengan melibatkan peserta secara aktif, baik
yang dikemas dalam bentuk permainan (game) terstruktur sesuai dengan
kepentingan fokus pelatihan.
3. Exploring : penemuan learning point pada setiap aktifitas
yang dilakukan dengan melibatkan secara aktif peserta sesuai dengan
pengalamannya masing‑masing.
4. Insight : peneguhan komitmen perubahan secara sadar dari
setiap aktifitas pelatihan yang telah dilakukan.
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !